Minggu, 02 Juni 2013

Pusat Grosir China : Guangzhou atau Yiwu ?

Pertanyaan ini sering muncul di kalangan pengusaha Indonesia yang ingin kulakan langsung ke China, hasil google maupun referensi dari sesama pengusaha selalu mengarah pada 2 jawaban yaitu Guangzhou dan Yiwu. Kedua kota ini memang dijadikan tujuan bagi para pengusaha/pedagang internasional untuk kulakan barang yang akan dipasarkan di negara masing-masing, nah yang jadi pertanyaan adalah apa beda nya dan mana yang lebih cocok untuk kita ?

Kota Guangzhou adalah kota yang terletak di China bagian selatan dan dekat dengan pusat wisata Hongkong dan Macau sehingga juga ikut ramai oleh turis mancanegara, hal ini dimanfaatkan oleh banyak pengusaha China untuk memasarkan produknya di Guangzhou. Yang paling terkenal dari Guangzhou adalah Canton Fair yang diadakan rutin 2 kali dalam 1 tahun setiap Bulan April dan Oktober. Selain Canton Fair banyak juga Market yang buka setiap hari dengan produk yang lebih terpusat pada produk untuk turis yaitu fashion (pakaian & aksesoris), tas / dompet branded kw, dan sejenisnya. 

Kota Yiwu adalah kota yang terletak jauh di utara Guangzhou, sekitar 1000 km, lebih jauh dari jarak Jakarta-Surabaya, jarak tempuh sekitar 2 jam dengan pesawat domestik. Kota Yiwu ini sudah dekat dengan Shanghai, hanya berjarak 3 jam berkendara dari Shanghai. Kota Yiwu ini bukan kota besar, bahkan belum memiliki Bandara Internasional, namun kota ini memang dikhususkan oleh pemerintah sebagai Pusat Perdagangan Internasional. Pemerintah China membangun sebuah kawasan perdagangan yang disebut International Trade City atau dalam Bahasa Mandarin adalah 国际商贸城. Sebuah Mega Market yang buka setiap hari dan sangat besar, saat ini telah memiliki 5 distrik, dan setiap distriknya sangat besar sehingga tidak cukup seharian untuk menjelajahi setiap toko dalam 1 distrik saja. Produk yang dijual jauh lebih lengkap daripada Guangzhou, mulai dari mainan hingga peralatan elektronik, mulai dari aksesoris wanita hingga alat pertukangan, banyak orang berkata "Jika anda menemukan suatu barang di Indonesia dan tertulis Made in China maka anda pasti akan menemukannya dijual di Yiwu Market".

Berikut adalah perbedaan utama dari Canton Fair di Kota Guangzhou dan International Trade City (Yiwu Market) di Kota Yiwu : 
(lihat website asli dalam Bahasa Inggris : www.yiwuen.com)

1. Canton Fair sudah dimulai sejak 1957, sedangkan Distrik 1 Yiwu Market diresmikan pada tahun 2002 (terakhir Distrik 5 diresmikan pada tahun 2012).

2. Canton Fair diadakan 2 kali dalam 1 tahun yaitu di Bulan April dan Oktober, sedangkan Yiwu Market buka setiap hari (termasuk minggu) sepanjang tahun kecuali saat liburan Imlek / Tahun Baru China tutup selama 2 minggu.

3. Canton Fair lebih banyak Pabrik Besar dan Perusahaan Besar, sedangkan Yiwu Market selain Pabrik Besar juga banyak Pabrik Kecil dan Distributor.

4. Minimum order untuk 1 jenis barang di Canton Fair biasanya puluhan ribu bahkan hitungan kontainer, sedangkan Yiwu Market bisa mulai beberapa ratus atau beberapa lusin. Sebagian besar pedagang Indonesia yang 'memaksakan diri' mendatangi Canton Fair pulang dengan tangan kosong karena jumlah minimal yang tidak masuk akal.

5. Sistem yang dipakai di Canton Fair adalah sistem importir langsung (FOB) jadi cocok apabila anda sudah memiliki ijin impor sendiri atau sudah memiliki kontainer sendiri. Sedangkan di Yiwu Market anda dapat menggunakan jasa ekspedisi yang akan menguruskan pengiriman door-to-door sampai ke Jakarta, hati-hati dalam memilih ekspedisi karena proses bea-cukai Indonesia sangat ketat.

6. Harga Canton Fair dan Yiwu Market bisa jadi lebih murah di Yiwu karena harga bersaing / tidak ada monopoli.

7. Jumlah toko/supplier dan jenis barang di Yiwu Market jauh lebih banyak dibanding Canton Fair, yang berarti lebih lengkap dan memungkinkan kita mencari pembanding dengan mudah sehingga mendapatkan harga dan kualitas terbaik.

8. Statistik menyatakan tahun demi tahun semakin banyak pembeli internasional yang berpindah dari Canton Fair ke Yiwu Market.

Saran kami, lebih baik menghindari segala kebingungan bahasa dan kerumitan pengaturan pengiriman barang anda ke Indonesia, dengan mengikuti Tour Belanja Grosir, paling tidak untuk pertama kali saja, sehingga kali berikutnya anda sudah memiliki pengetahuan tentang semua prosedurnya. Sayang apabila jauh-jauh ke China dan berinvestasi tiket pesawat yang tidak murah, tetapi anda pulang dengan tanpa hasil dan malah semakin bingung! 

Jadwal rombongan berikutnya ke Yiwu Market bisa dilihat di www.OnlyYouTour.com/yiwu