Jumat, 24 Mei 2013

Pusat Grosir China Yiwu Futian Market meresmikan Distrik 5 International Trade City

Peserta Only You Tour berfoto bersama
Yiwu, China - Setelah sukses membangun distrik 1 sampai distrik 4 yang saat ini sudah penuh berjubel pedagang dan pembeli dari seluruh dunia, pada tahun ini Pemerintah China meresmikan penggunaan Distrik 5 dari International Trade City di Kota Yiwu, propinsi Zhejiang, yang dikenal dalam tulisan mandarin 国际商贸城五区.

Distrik 5 ini akan memenuhi permintaan dunia internasional akan produk Textile, Bedding, dan Aksesoris Mobil. Pembukaan distrik 5 ini disambut hangat oleh para pembeli internasional termasuk pembeli dari Indonesia, salah satu peserta dari program Tour Grosir Yiwu bulan Maret 2013 yang lalu menuturkan bahwa saat ini di pasar Indonesia susah mencari textile atau bahan dasar dari pakaian, sebagian besar sudah dalam bentuk jadi, sehingga mau tidak mau baik pedagang maupun pembeli tidak punya banyak pilihan. Demikian juga produk bedcover dan aksesoris mobil (parfum mobil, cover kemudi, GPS, dsb) juga disambut hangat karena merupakan barang yang banyak dicari oleh pembeli di Indonesia.

Hal ini juga semakin melengkapi pilihan para peserta Tour Grosir untuk mendapatkan barang yang sesuai bidang usaha nya. Sejak diresmikannya distrik 5 jumlah barang yang di impor oleh para peserta Tour Grosir ini juga meningkat, "Bulan Maret 2013 yang lalu saja, total impor peserta Tour Grosir kami mencapai 100 meter kibik lebih, meningkat hampir 30 persen dari periode-periode sebelumnya", kata Anny Widyawati, guide untuk program Tour Grosir Yiwu. Dengan kenyataan ini, maka dunia internasional saat ini lebih melihat prospek untuk kulakan ke Kota Yiwu daripada Kota Guangzhou yang lebih dulu terkenal sebagai tempat kulakan, "Ini disebabkan produk di Yiwu lebih lengkap dan bervariasi daripada di Guangzhou, dan buka setiap hari tidak seperti Guangzhou yang hanya ramai saat ada pameran di bulan April dan Oktober, itupun pembelian di pameran Canton Fair Guangzhou harus 1 kontainer per produk yang tidak masuk akal untuk pedagang Indonesia, jadi mereka lebih suka kulakan ke Yiwu", jelas Arif Nugroho, manajer dari Only You Tour.

Redaksi Surabaya, 24 Mei 2013

Jenis barang yang dijual di Yiwu Futian Market dapat dilihat di http://onlyyoutour.com/album/yiwu-futian.htm. Foto-foto peserta Tour Grosir dan jadwal tour berikutnya dapat dilihat di http://onlyyoutour.com/album